Website Puskesmas Penanae Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Tupoksi

Uraian Tugas


 

   
   
   
   
                         
URAIAN TUGAS PENANGGUNGJAWAB PROGRAM DI UPT. PUSKESMAS PENANAE  
KECAMATAN RABA KOTA BIMA  
                         
I. Kepala Puskesmas :                
  1. Merumuskan program kerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi UPT. Puskesmas Penanae.  
  2. Menentukan sasaran dan tujuan UPT. Puskesmas Penanae sesuai program kerja yang telah ditetapkan.  
  3. Membagi tugas pekerjaan kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.  
  4. Memonitor dan mengevaluasi kinerja UPT. Puskesmas Penanae.      
  5. Memberikan arahan bahan petunjuk teknis secara jelas mengenai tugas yang akan dilaksanakan oleh bawahan.  
  6. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas agar dapat diperoleh hasil kerja yang tepat dan akurat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.  
  7. Melaksanakan penyelenggaraan ketatausahaan UPT. Puskesmas Penanae.      
  8. Melaksanakan pengelolaan operasional dan pembinaan upaya peningkatan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, pelayanan khusus dan kefarmasian.      
  9. Melaksanakan pengendalian operasional dan pembinaan pengamanan wabah penyakit, pencegahan penyakit, dan pemberantasan penyakit.      
  10. Melaksanakan operasional penyehatan dan kebersihan tempat umum, pengawasan kualitas air dan lingkungan penyehatan lingkungan serta penyehatan makanan dan minuman.      
  11. Melaksanakan pengelolaan pelayanan medis keluarga berencana,gizi, kesehatan ibu dan anak serta kesehatan usia lanjut.      
  12. Melaksanakan pengelolaan penyuluhan usaha kesehatan institusi, peran serta masyarakat, sarana dan metoda serta penyebarluasan informasi kesehatan.      
  13 Memfasilitasi kegiatan pembangunan berwawasan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.      
II. Ka. Subag Tata Usaha :              
  1. Mengkoordinasikan penyusunan program kinerja UPT Puskesmas       
  2. Melaksanakan penyusunan program kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi Sub Bagian Tata Usaha      
  3. Membagi tugas pekerjaan kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing      
  4. Memonitor dan mengevaluasi kinerja Sub Bagian Tata Usaha      
  5. Memberikan petunjuk teknis secara rinci dan jelas mengenai tugas yang akan dilaksanakan bawahan      
  6. Memberikan hasil pelaksanaan tugas agar diperoleh hasil kerja yang tepat dan akurat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan      
  7. Melaksanakan pengelolaan  administrasi umum dan kearsipan UPT Puskesmas      
  8.

Melaksanakan pengelolaan  administrasi keuangan kearsipan  UPT Puskesmas

     
  A. Sistem informasi Puskesmas :            
    1. Menyusun rencana kegiatan SP2TP berdasarkan data Program Puskesmas dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja      
    2. Melaksanakan pengelolaan SP2TP sesuai dengan dan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku       
    3. Mengevaluasi hasil kegiatan SP2TP secara keseluruhan      
    4. Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawab kepada atasan      
    5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan    
                         
                         
                         
                         
                         
                         
  B. Kepegawaian :              
    1. Menyusun rencana kegiatan Kepegawaian berdasarkan data Program Puskesmas dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja      
    2. Melaksanakan pengelolaan kepegawaian sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku      
    3. Mengevaluasi hasil kegiatan keuangan secara keseluruhan       
    4 Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan       
    5 Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan       
  C.  Rumah Tangga :              
    1. Menyusun rencana kegiatan Logistik berdasarkan data Program Puskesmas dan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.      
    2. Melaksanakan pengelolaan Logistik sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku.      
    3. Mengatur susunan petugas supir dan cleaning servis serta pelaksanaannya.      
    4. Mengevaluasi hasil kegiatan Logistik secara keseluruhan.      
    5. Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan.      
    6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.      
  D. Keuangan :                
    1. Menyusun rencana kegiatan Bendahara berdasarkan data Program Puskesmas dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja      
    2. Melaksanakan pengelolaan Keuangan sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundangan –undangan yang berlaku       
    3. Mengevaluasi hasil kegiatan Keuangan secara keselurahan       
    4. Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan      
    5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan       
III. Upaya Kesehatan Masyarakat Essensial dan Keperawatan Kesehatan Masyarakat :       
    1. Menyusun rencana kegiatan UKM Esensial dan Keperawatan Kesehatan Masyarakat berdasarkan analisis masalah yang ada di masyarakat dan analisis kebutuhan pelayanan yang diperlukan      
    2. Melaksanakan kegiatan berdasarkan rencana yang telah disusun yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku      
    3. Melaksanakan kegiatan berdasarkan jenis UKM yaitu UKM Esensial yang terdiri dari Promkes, UKS, Kesehatan Lingkungan, KIA-KB, Gizi Masyarakat, Pengendalian dan pemberantasan penyakit,dan Perkesmas .      
    4. Melaksanakan Komunikasi, Edukasi dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan       
    5. Menggerakan masyarakat dalam upaya meningkatkan partisipasi aktif pada setiap kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat baik dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang berubungan dengan kesehatan di masyrakat      
    6. Mengevaluasi hasil kegiatan UKM secara keseluruhan       
    7. Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan      
    8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan      
    9. Memfasilitasi kegiatan pembangunan berwawasan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.      
  A. Pelayanan Promosi Kesehatan Termasuk UKS :            
    1. Menyusun rencana kegiatan Promosi Kesehatan berdasarkan data Program Puskesmas dan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.      
    2. Melaksanakan kegiatan Promosi Kesehatan meliputi Penyuluhan Kesehatan,  Pembinaan PSM/ UKBM, Pembinaan PHBS dan Koordinasi lintas program terkait sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-  undangan yang berlaku.      
    3. Mengevaluasi hasil kegiatan Promosi Kesehatan secara keseluruhan.      
    4. Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan  informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan.      
    5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.      
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
  B. Pelayanan Kesehatan Lingkungan            
    1 Menyusun rencana kegiatan Kesehatan Lingkungan berdasarkan data program Puskesmas dan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.    
    2 Melaksanakan kegiatan pembinaan kesehatan Lingkungan meliputi Pengawasan dan Pembinaan SAB, Pengawasan dan Pembinaan JAGA, Pengawasan dan Pembinaan TTU (tempat tempat umum) / TPM ( tempat pengelolaan makanan)/ Peptisida, inspeksi rumah sehat, inspeksi sekolah sehat, Pelayanan Klinik Sanitasi, penyuluhan kesehatan lingkungan dan koordinasi lintas program terkait sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku    
    3 Mengevaluasi hasil kegiatan Pembinaan Kesehatan Lingkungan secara keseluruhan.    
    4 Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawab kepada atasan.    
    5 Mengubah, mengendalikan atau menghilangkan semua unsur fisik dan lingkungan yang memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan masyarakat    
    6 Menyusun rencana program kesling    
    7 Melakukan pendataan sasaran program kesling    
    8 Pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta masyarakat tentang penggunaan air bersih    
    9 Pendataan, penyuluhan dan penggerakan peran serta masyarakat tentang jamban keluarga    
                         
  C. Pelayanan KIA/KB bersifat UKM :          
    1 Memberikan pelayanan KIA/KB.          
    2 Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pencatatan dan pelaporan KIA dan KB.    
    3 Membina pelaksanaan posyandu.          
    4 Membina pelaksanaan PKD.            
    5 Kemitraan dengan dukun bayi.          
    6 Menyampaikan penyuluhan kesehatan dalam bidang KIA/KB.      
    7 Melakukan konseling, pemeriksaan dan P2 Malaria pada calon pengantin.    
    8 Otopsi verbal kematian ibu dan bayi.          
    9 Pencatatan dan pelaporan bidan Kelurahan        
    10 Menerima laporan dari bidan Kelurahan          
    11 Merekap dan membuat laporan dari bidan Kelurahan      
  D. Pelayanan Gizi bersifat UKM :          
    1 Menyusun rencana kegiatan peningkatan gizi masyarakat berdasarkan data program puskesmas dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.    
    2 Melaksanakan kegiatan peningkatan gizi masyarakat meliputi pembinaan posyandu, PSG, pemantauan pola konsumsi,  pemantauan penggunaan garam beryodium, ASI eksklusif, pemberian kapsul vitamin A, pemberian tablet Fe, penyuluhan gizi dan koordinasi lintas program terkait sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.    
    3 Mengevaluasi hasil kegiatan peningkatan gizi masyarakat secara keseluruhan.    
    4 Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan.